Cara mengatasi tanah gerak agar lantai keramik tidak melendung atau naik

Banyak mungkin di antara rumah rumah kita yang mengalami tanah gerak, ketika dipasang keramik, saat musim kemarau tanahnya gerak sehingga keramiknya melembung keatas , alhasil keramik akhirnya tidak karuan, dan permukaan lantai menjadi tidak rata. Tentunya ini merupakan suatu pemandangan yang kurang nyaman di pandang mata, apalagi lokasi letak tanah gerak itu dirumah kita sendiri. Kami akan himpun dengan singkat dan padat beberapa cara yang mungkin bisa membantu anda untuk mengatasi hal tersebut.

Sebelum anda membaca cara mengatasi tanah yang menggelumbung dirumah anda, ada baiknya sebagai tambahan informasi saja, apa sih penyebab tanah yang menggelembung itu?
Yuk simak penjelasan singkatnya.

Penyebab tanah menggelembung
 
Pertama Campuran antara semen, air dan pasir yang kurang pas.
Campuran yang kurang pas mengakibatkan daya rekat antara keramik dan adonan tersebut kurang kuat dan akhirnya membuat keramik menggelembung ke atas. Sebaiknya keramik direndam di dalam air kurang lebih 1 jam sebelum dipasang dan dicampurkan dengan lolo ( campuran, air dan pasir).

Kedua Pengerjaan oleh tukang yang terburu terburu, sehingga semen tidak terpasang penuh dibawah keramik dan daya rekat menjadi kurang.

Ketiga Kondisi peletakkan keramik yang terlalu basah, lembab dan berjamur. Hal ini akan menimbulkan rongga pada tanah dibawahnya dan permukaan tanah menjadi turun, sehingga ketika adukan semen dan keramik dipasang akan mudah ditebak bagaimana hasilnya yaitu mudah retak.

Keempat bisa jadi karena kondisi cuaca yang sangat ekstrem, hal ini pun sangat berpengaruh pada kondisi keramik. Apalagi jika anda menggunakan keramik dengan kualitas kurang baik, maka akan cepat retak dan pecah atau menggelembung.

Cara Mengatasi Lantai Keramik Yang Menggelembung
 
Hal tersebut dapat anda atasi, yaitu cara mengatasi lantai keramik yang melendung akibat tanah gerak atau tanah tidak stabil. sebagai berikut :

1. Sebelumnya, lepas keramik yang melendung.
2. Pada bagian bawah keramik, lubangi sedalam 10-15 cm, isi dengan kerikil kecil/halus.
3. Tutup lagi lubang tadi pada bagian atasnya, dan biarkan lubang tadi berongga.
4. Pada bagian atas siap dipasang keramik seperti semula.

Selamat mencoba.

Redirect 10 seconds

Related Article Cara mengatasi tanah gerak agar lantai keramik tidak melendung atau naik :